Konferensi Dinas Kepala Desa dan Perangkat Desa di Pendopo Kecamatan Purwodadi

By ADMIN 21 Apr 2022, 00:31:24 WIB Kegiatan

Berita Terkait

Berita Populer

Konferensi Dinas Kepala Desa dan Perangkat Desa di Pendopo Kecamatan Purwodadi

Kamis, 7 April 2022. Bertempat di Pendopo Kecamatan Purwodadi dilaksanakan kegiatan Konfrensi Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Purwodadi.

Acara ini dihadiri oleh Camat Purwodadi Dwi Agung Nugraheni, S. STP., MM , Kapolsek dan Danramil Purwodadi, Kepala Desa se Kecamatan Purwodadi serta anggota DPRD Kabupaten Purworejo. Secara khusus pada Konferensi Kepala Desa kali ini membahas mengenai Peran dan Fungsi RT/RW dalam Pembangunan Desa.

Dalam sambutannya, Camat Purwodadi Dwi Agung Nugraheni, S. STP., MM menyampaikan bahwa Ketua RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga) sebagai salah satu sumber daya penggerak pembangunan pedesaan yang sangat perlu ditingkatkan kualitasnya karena mereka adalah pelayan masyarakat di tingkat desa yang paling bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negri No. 5/2007 yaitu RT dan RW mempunyai fungsi sebagai pengkoordinasi antar warga, jembatan aspirasi antar sesama masyarakat dengan pemerintah daerah, penengah penyelesaian masalah-masalah kemasyarakat yang dihadapi warga, memelihara kerukunan hidup warga serta mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat. Terlebih dengan adanya Peraturan Bupati Purworejo Nomor 73 Tahun 2019 tentang Pemberian Insentif Kepada Ketua RT dan Ketua RW dari APBD yang diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi Ketua RT dan Ketua RW dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di wilayahnya.

Sementara itu Kapolsek dan Danramil Purwodadi dalam sambutannya menekankan mengenai penyelenggaraan keamanan dan ketertiban terutama menjelang masa libur dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022/1443 H. Secara khusus, ditekankan mengenai pelaksanaan percepatan Vaksin Covid-19 selama bulan Ramadhan di beberapa wilayah di Kecamatan Purwodadi. Diharapkan agar semua kepala desa dapat memotivasi, mengkoordinir serta memfasilitasi pelaksanaan Vaksin Covid-19 di wilayahnya untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) minimal 70%, memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 serta mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment